Nama Domain adalah alamat untuk website anda, terdiri dari dua kata yang digabung atau dipisahkan dengan dash (tanda -) ada juga yang terdiri dari satu kata bahkan lebih dari dua kata digabung.

Rata-rata nama domain menggunakan nama perusahaan pemilik domain tersebut, ada juga yang menggunakan nama produk mereka sebagai nama domain. Akhir-akhir ini, banyak juga perorangan yang menggunakan nama domain dengan nama mereka, sebagai alamat situs mereka yang mayoritas dipakai untuk blog.

Sebelum anda memiliki web, banyak hal yang harus diingat sebelum membeli nama domain untuk situs anda. Cara menamakan situs ini sebaiknya dipikir matang matang, berikut kami coba memberikan tips dalam memilih nama domain:

Nama Singkat dan Mudah Diingat
Nama domain yang dipilih sebaiknya singkat, semakin singkat semakin baik, Qwords.com misalnya, Alasannya adalah domain ini mudah dihapal oleh semua kalangan, Dalam banyak kasus di internet, nama domain yang singkat dapat memberikan kontribusi penjualan dan promosi yang cukup baik.

Mudah di Eja
Nama domain sebaiknya mudah dibaca dan di eja, Qwords.com misalnya (keywords). Jika nama perusahaan anda adalah CV Maju Jaya Motor Mandiri Indonesia, maka nama yang cocok adalah majujayamotor.com karena mudah diingat dan memiliki bunyi yang bermakna sama dengan nama perusahaan.

Berhubungan dengan Isi dari website anda
Sebaiknya nama yang dipilih berkaitan dengan isi dari website anda, semisal anda berjualan produk sepatu, maka website anda bisa berbunyi demikian, sepatucibaduyut.com. ini merupakan nilai tambah bagi anda untuk mempromosikan situs anda dikalangan orang lain.

Gunakan ekstensi nama domain Internasional
Mengapa demikian ? karena penggunaan extensi nama domain internasional membuat perusahaan anda mudah diingat, dalam benak manusia, nama domain adalah dot com, jika anda menggunakan .org akan cenderung terasumsikan sebagai organisasi, jika dipergunakan untuk berjualan, akan berbeda maknanya.