Ada dua skenario yang kami tampilkan. Skenario pertama, gambar perlahan-lahan muncul di layar presentasi (derajat transparan 0% sampai 50%). Skenario ke dua adalah gambar akan disamarkan secara gradual (derajat transparan 100% sampai 50%).

Mari kita mulai dengan skenario pertama. Cara berikut tidak berlaku untuk obyek berupa teks.

1.Untuk menyamarkan AutoShape, klik kanan bentuk yang akan Anda samarkan. Klik Format AutoShape untuk menampilkan kotak dialog Format AutoShape. Lihat di tab Colors and Lines, di bagian Fill. Atur setting transparansi menjadi Transparency: “50%”. Caranya, Anda bisa langsung mengisi derajat transparansi di kotak yang ada atau menggeser-geser slider sampai nilainya mencapai derajat yang diinginkan. Klik OK.

2.Klik kanan pada AutoShape dan pilih Custom Animation. Klik Add Effect*Entrance*Fade. Atur opsi Start dan Speed-nya. (Lihat Gambar 2)

3.Jika obyeknya berupa gambar, Anda dapat menggunakan feature Picture Tool. Pertama, sisipkan gambar yang akan Anda tampilkan ke slide presentasi dengan perintah Insert.

4.Klik gambar tersebut untuk menampilkan Picture Tool. Bila tidak muncul, klik View*Toolbars*Picture. Atur setting Color (icon ke dua dari kiri pada deretan icon di Picture Tool). Ubah settingnya menjadi Washout.

5.Cara lain, klik dua kali pada gambar sampai menu Format Picture muncul. Di bawah tab Picture, atur tingkat brightness menjadi 90% dan contrast 10%.

6.Klik kanan pada obyek gambar Anda dan pilih Custom Animation. Klik Add Effect*Entrance*Fade. Seperti tadi, atur Start dan Speed-nya sesuai kebutuhan Anda.

Sekarang, marilah kita beranjak ke skenario ke dua. Pada skenario untuk menyamarkan gambar ini solusinya sedikit lebih sulit. Berita bagusnya, Anda bisa menggunakan solusi ini untuk AutoShape, gambar dan teks.

1.Untuk menyamarkan AutoShape, setelah Anda membuat sebuah bentuk dengan AutoShape, klik kanan untuk melakukan proses duplikasi (copy-paste). Sekarang Anda mempunyai dua bentuk AutoShape yang sama persis.

2.Klik kanan pada AutoShape yang terletak di atas dan klik Custom Animation. Klik Add Effect*Exit*Fade. Seperti pada skenario pertama, atur titik awal animasi (Start) dan kecepatannya (Speed). Anda akan melihat gambar/bentuk aslinya ketika duplikatnya menghilang.

3.Selanjutnya, klik kanan pada AutoShape yang ada di bawah dan klik click Format AutoShape. Di tab Colors and Lines, lihat bagian Fill. Atur setting transparansinya menjadi 50% atau nilai lain sesuai keinginan Anda. Atur juga letak kedua AutoShape agar posisi keduanya benar-benar berhimpitan.

5.Untuk menyamarkan gambar (picture) dan teks, setelah Anda menyisipkan obyek, klik kanan untuk membuat duplikasinya. Tumpuk kedua gambar/teks yang sama persis tersebut. Dalam tutorial ini kami menggunakan obyek berupa gambar dan teks.

6.Klik kanan pada gambar/teks yang terletak di bawah dan klik Custom Animation. Selanjutnya, klik Add Effect*Emphasis*Transparency. Atur Start dari On Click menjadi After Previous, sehingga gambar/teks yang ada di bawah akan menjadi transparan begitu slide show dimulai.

7.Jangan lupa mengatur derajat transparansi (Amount) menjadi 50% atau nilai lain sesuai kebutuhan Anda.

8. Lalu, klik untuk memilih gambar/teks yang terletak di atas. Pada panel task Custom Animation klik Add Effect*Exit*Fade. Atur Start-nya menjadi With Previous dan Speed-nya Very Slow. Letakkan kedua gambar/teks dan duplikatnya saling berhimpitan. Lihat hasilnya.

Teknik ini tepat Anda aplikasikan ketika akan menyamarkan daftar berbullet secara point per point, setelah menjelaskan setiap point tersebut atau ketika Anda mempresentasikan serangkaian gambar satu per satu.