Bulan penuh hikmah memang sudah ada di depan mata. Maka dari itu, melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, bukan berarti Anda tidak mempersiapkan fisik dan stamina yang fit.

Apalagi bagi Anda yang bekerja. Karena kesehatan dan kebugaran tubuh diperlukan ketika melaksanakan bulan yang penuh cobaan dan tantangan.

Lalu apa yang perlu dipersiapkan ? Berikut beberapa hal diantaranya :
– Batasi gula (termasuk gula sintetis), karbohidrat olahan (kue, roti manis), makanan gorengan. Ingat membatasi bukan berarti menghindari makanan tersebut.
– Hindari daging olahan (sosis, kornet, bakso).
– Hindari makanan kaleng, instan, dan tinggi zat additif.
– Banyak makanan buah & sayur segar.
– Banyak minum air putih.
– Utamakan buah segar sebagai makanan berbuka dan sahur.
– Makanan masak harus baru, bukan yang berulang dipanaskan.
– Tidak makan berlebihan saat sahur atau berbuka. Cukup menu sederhana asal cukup gizi.
– Terapkan pola makanan Food Combining.
– Lakukan lulur atau body scrub sesekali seminggu untuk membersihkan sel-sel mati pada permukaan kulit.
– Lakukan olah raga ringan seperti jalan kaki, berenang, senam pernapasan, yoga atau tai chi. Olah raga melancarkan sirkulasi darah dan getah bening, yang berarti juga melancarkan proses detokfikasi.