Biasanya, ada pembatasan ukuran file yang bisa dikirim via e-mail. Bisa diakali supaya file yang melebihi pembatasan dikirim via e-mail dengan beberapa klik. Cuma butuh bantuan sebuah perangkat lunak.

Coba buatlah sebuah surat baru di layanan e-mail gratis dari Yahoo untuk mengirim suatu file sebagai lampiran. Di halaman tempat memasukkan file yang hendak dilampirkan, perhatikan keterangan di atas kotak-kotak teks. Di situ tertulis, Click “Browse” to select a file. You can attach files up to a total message size of 10.0MB. Tersirat jelas bahwa file dengan ukuran lebih dari 10MB terlarang untuk dikirimkan. Kalau mau mengirim lampiran lebih besar dari itu, siap-siap untuk mengalirkan uang dari rekening.

Kini coba ke layanan e-mail gratis pada Hotmail. Coba lampirkan file berukuran 11MB dan kirimkan e-mail. Pesan kesalahan yang menjelaskan bahwa lampiran terlampau besar, tidak bisa dikirim, akan muncul. Lho, pada halaman pelampiran file tidak dijelaskan pembatasan ukuran file? Memang tidak. Tapi coba buka petunjuk Hotmail. Di salah satu bagian di situ tertera keterangan kalau untuk layanan e-mail gratis, cuma e-mail berukuran kurang dari 10MB yang boleh dikirim.

Memang begitulah keadaannya. Rata-rata layanan e-mail gratis membatasi ukuran lampiran yang dikirimkan melaluinya. Bahkan Gmail, si pelopor kotak surat 1GB, turut membatasi ukuran lampiran. Juga 10MB ukuran yang bisa dilampirkan pada sebuah surat yang dikirimkan via Gmail.

Adakah suatu cara agar lampiran yang berukuran lebih dari batasan yang diberikan dapat dikirimkan? Jawabnya singkat dan tegas, “Ada!”