Dengan menyewa domain dengan harga murah, situs bisa punya alamat sendiri. Di artikel ini, PCplus menjelaskan tahap-tahap pembelian domain di Server Merdeka serta pengaturan dasar penempatan seluruh file situs Web di server.

Memang ada beberapa cara punya alamat situs. Ada cara yang gratis, ada pula cara yang mengharuskan seseorang membayar sejumlah uang. Hanya saja, cara gratis ini memberikan embel-embel pada alamat situs. Misalnya Yahoo! Geocities versi gratis digunakan sebagai web hosting. Alamat situs yang diperoleh dari situ akan berformat http://www.geocities.com/, misalnya http://www.geocities.com/namakamu.

Alamat yang demikian bisa diakali dengan menggunakan layanan, yang juga gratis, DotTK (http://www.freedomain.tk). Dengan mendaftar di DotTK, http://www.geocities.com/namakamu bisa disingkat menjadi http://www.namakamu.tk. Nama lebih ringkas, lebih mudah diingat, tetapi gengsi belum setinggi ketimbang gengsi punya alamat dengan dot com.

Punya dot com atau dot lain tak susah kok, asal ada uang. Tak perlu uang berjuta-juta, cukup dengan uang sekitar Rp100.000,00 sebuah domain bisa disewa untuk jangka waktu setahun. Malahan, dengan uang segitu masih bisa ada “kembaliannya”.

Salah satu tempat yang menyewakan domain untuk alamat situs adalah Server Merdeka. Alamat situs dengan akhiran com, net, dan org, disewakan dengan biaya Rp88.800,00 per tahun. Tanpa biaya tambahan, penyewa domain menerima hosting Web dengan server berkapasitas 20MB. Butuh lebih dari itu? Bikin surat izin dan, mungkin, siapkan uang tambahan.

Yang pasti, kalau hendak menyewa domain, kunjungi situs Server Merdeka yang beralamat http://www.servermerdeka.com. Di halaman awal, klik bagian [Free Hosting] untuk melihat informasi harga atau klik [Daftar] untuk segera mengisi formulir pendaftaran.